Contoh Teks Negosiasi Singkat (Naskah Drama Negosiasi “Sepatu Kanvas Cibaduyut”)

Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi sosial antara satu orang dengan lainnya yang berfungsi untuk menetapkan keputusan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan berbeda . Berikut adalah contoh singkat teks negosiasi.

Naskah Drama Negosiasi “Sepatu Kanvas Cibaduyut”

Sekitar pukul 10.00 waktu setempat akan diadakan pertemuan antar pengusaha, datanglah 2 orang wakil perusahaan Indonesia yang mempromosikan sebuah produk perusahaannya yaitu sepatu kanvas ke sebuah perusahaan yang terkenal di Eropa Barat.

Selva&Riana    : “ Selamat pagi. ”
Imania              : “ Selamat pagi, silahkan duduk. ”
Selva&Riana    : “ Ya, terimakasih. ”
Imania              : “ Ada yang dapat saya bantu? ”
Selva                : “ Ya begini Bu, kami adalah perwakilan dari sebuah perusahaan sepatu yang terkenal di Indonesia yaitu sepatu Cibaduyut. Maksud dan tujuan kedatangan kami adalah ingin menawarkan sepatu kanvas kepada perusahaan anda. ”
Imania              : “ Oh ya,  kebetulan sekali. Saat ini saya sedang membutuhkan produk baru untuk menambah bisnis di perusahaan saya. Boleh saya melihat sepatu yang akan anda tawarkan? ”
Selva                : “Iya silahkan. ”
Imania              : (Sambil melihat sepatu) “Mengapa anda menawarkan sepatu kanvas? Mengapa tidak menawarkan sepatu dengan jenis bahan yang lain? ”
Riana               : “ Sebetulnya perusahaan kami tidak hanya memproduksi sepatu jenis kanvas saja, tetapi memproduksi juga sepatu kulit. Namun di sini saya memberikan sebuah terobosan baru khususnya kepada negara-negara yang mengalami musim panas. Sepatu ini sangat cocok digunakan pada saat musim panas, karena pada saat pemakai berkeringat sepatu ini tidak akan lebab atau basah akibat keringat karena sepatu ini dapat menyerap keringat. Sepatu ini juga dilengkapi fentilasi yang bertujuan agar pemakai tidak merasa panas saat digunakan.”
Selva            : “ Selain itu, sepatu kanvas ini dilengkapi alas yang terbuat dari karet sehingga tidak akan licin saat digunakan. Alas dalamnya menggunakan busa yang cukup tebal sehingga jangka waktu pemakaiannya cukup lama. Dan harganya pun sangat ekonomis. Namun, saya sarankan dalam perawatannya jangan terlalu sering dicuci, cukup dilap menggunakan lap basah. Hal itu bertujuan agar warna sepatu tidak mudah kusam dan luntur. ”
Imania          : “ Ya baik, saya tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Mengenai harga, berapa harga sepasang sepatu itu? ”
Selva            : “ Dilihat dari keberagaman motif sepatu yang kami tawarkan, maka harganya pula beragam. Harga yang kami tawarkan mulai dari Rp. 250.000 s/d Rp. 500.000 per sepasang sepatu tetapi belum termasuk bea import. ”
Imania          : “Wah, harganya cukup ekonomis. Tetapi menurut saya kalau harganya mulai dari Rp. 250.000 tetapi belum termasuk bea import, mungkin harga pasaran yang akan saya keluarkan akan cukup mahal. Bagaimana kalau harganya mulai dari Rp. 150.000 tetapi belum termasuk bea import? ”
Riana           : “ Mohon maaf Bu, kalau harga per pasangnya Rp. 150.000 tidak bisa. ”
Imania          : “ Oke, bagaimana kita ambil kesepakatan harganya Rp. 200.000 tetapi belum termasuk bea import, jadi harga per sepasang sepatunya Rp. 250.000 sudah termasuk bea import? ”
Riana dan Selva sejenak berunding untuk mempertimbangkan kesepakatan tersebut. Akhirnya, Riana dan Selva sepakat dengan kesepakatan tersebut.
Riana           : “ Baik bu, kami sepakat dengan kesespakatan yang ibu ajukan. ”
(Selva dan Riana berjabat tangan dengan Imania)
Imania         : “ Terima kasih. Saya senang dapat bekerja sama dengan perusahaan anda. Silahkan tanda tangan kontrak di sini. ”

(Selva dan Riana menandatangani kontrak tersebut)
Selva         : “ Ya, kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama perusahaan anda dengan perusahaan kami. Kalau begitu kami izin pamit dari ruangan anda. Selamat kembali bekerja. ”
Imania        : “ Ya, ya silahkan. ”

Selesai .......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Pengertian, Ciri Ciri, Praktik, Bentuk, dan Tingkatan Partisipasi Politik

Teknologi Tepat Guna : Pengertian, Produk, Manfaat, dan Perencanaan