6 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur dan Bidang-Bidang Manajemen

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli.  Setiap usaha membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan masing-masing bagian, yapkarena dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Pentingnya manajemen dalam kehidupan membuat kita harus memperlajari manajemen lebih dalam. Bayangkan jika kita tidak menguasai manajemen! Sebagai contoh dalam hal keuangan, kita harus pandai dalam mengelola uang agar kebutuhan kita dapat dipenuhi sesuai dengan prioritas kebutuhan. Tanpa manajemen yang baik, masalah keuangan tidak dapat berjalan sesuai rencana. Bisa jadi barang-barang yang tidak ada dalam daftar kebutuhan kita beli semua, tetapi barang-barang yang kita butuhkan justru tidak kita dapatkan.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

1. Pengertian Manajemen

Menurut Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Adapun menurut G.R. Terry, manajemen adalah suatu proses yang khas dan unik, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Dari pengertian-pengertian manajemen tersebut, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga sudut pandang, yaitu manajemen sebagai suatu proses, manajemen sebagai suatu konektivitas manusia, serta manajemen sebagai ilmu dan seni.

2. Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Banyak ahli yang mengemukakan tentang fungsi manajemen. berikut fungsi manajemen menurut  beberapa ahli.

No.
G.R Terry
John F. Mee
Louis S. Allen
Mc. Namara
1.
2.
3.
4.
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Leading
Planning
Organizing
Controlling
Planning
Programming
Budgeting
System
No.
Henry Fayol
Harold Koontz dan Cyrli
Dr.S.P Slagian
Prof.Oel Liang Lee
1.
2.
3.
4.
5.
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Controlling
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
Evaluating
Planning
Organizing
Directing
Coordinating
Controlling
No.
Luther Gulick
Lyndall F.Urwick
W.H Newman
John D. Millet
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Budgeting
Forecasting
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
Planning
Organizing
Assembling
Directing
Controlling
Directing
Facilitating

Beberapa fungsi manajemen diuraikan sebagai berikut.

a. Perencanaan (planning), adalah sesuatu yang akan direncanakan tentang apa yang akan dicapai yang kemudian memberikan pedoman, garis-garis besar tentang apa yang akan dituju. Perencanaan merupakan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan suatu tujuan, berupa rumusan-rumusan tentang apa dan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilaksanakan.

b. Pengorganisasian (organizing) , merupakan proses pembagian kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.

c. Pengsian jabatan (Staffing), Adalah kegiatan untuk memperoleh karyawan secara efektif dan efisien yang akan mengisi jabatan-jabatan kosong di organisasi perusahaan. Tujuan dari pengisian jabatan adalah agar semua jabatan ada yang mengisi atau menempati dan tugas-tugas dari setiap jabatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

d. Penggerakan (actuating), adalah menempatkan semua anggota pada kelompok agar bekerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi. Dengan kata lain, penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai.

e. Pengarahan (directing) , memberikan arahan agar seluruh tim dan sumber daya yang ada dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, menjalankan seluruh perencanaan yang telah dibuat agar dijalankan dengan baik.

f. Pengendalian (controlling) , adalah salah satu fungsi manajerial seperti perencanaan pengorganisasian, pengaturan staff, dan mengarahkan. Mengendalikan merupakan fungsi  penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan  korektif sehingga meminimalkan penyimpanan dari standar  dan mengatakan bahwa tujuan organisasi telah tercapai dengan cara yang baik.

3. Unsur-Unsur Manajemen

  • Man meliputi manusia, orang dan tenaga kerja.
  • Money yaitu uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Machine yaitu mesing atau alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  • Metohd yaitu metode atau cara yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan..
  • Material yaitu bahan atau perlengkapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  • Market yaitu pasar untuk menjual output/barang yang dihasilkan.

4. Bidang-Bidang Manajemen

  • Manajemen pemasaran, merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan penetapan konsep produk, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang atau jasa yang memungkinkan terjadinya pertukaran untuk memenuhi tujuan individu dan organisasi.
  • Manajemen produksi, adalah kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang dan jasa.
  • Manajemen keuangan, berhubungan dengan tanggungjawab pengumpulan, penggunaan maupun pengelolaan dana perusahaan/organisasi secara efisien.
  • Manajemen sumber daya amnusia, adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan dan mengoordinasikan semua pekerjaan yang menyangkut pegawai, emcari pegawai, melatih atau mengorganisasi, dan melayani mereka.
  • Manajemen akuntansi, adalah mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan melaporkan keuangan perusahaan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Add a Comment