7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya (tentang Teknologi, Pendidikan, Kesehatan,Lingkungan, Sosial Budaya)

7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan penjelasannya (tentang Teknologi, Pendidikan, Kesehatan,Lingkungan, Sosial Budaya) . Dalam bahasa Indonesia sering kita jumpai beberapa jenis paragraf. Paragraf tersebut meliputi paragraf induktif maupun paragraf deduktif. Setiap paragraf memiliki pengertian dan contoh masing masing. Salah satunya ialah pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif. Ketika kita dibangku sekolah, tentunya diberikan pelajaran mengenai paragraf deduktif. Jenis paragraf tersebut berguna untuk membantu kita dalam mencari inti dari sebuah kalimat. Dengan kata lain, baik paragraf induktif ataupun deduktif memberikan kemudahan dalam menemukan inti kalimat dalam sebuah paragraf atau cerita.

Baca juga : Pengertian, Ciri , Tujuan, Kaidah Kebahasaan, Contoh dan Struktur Teks Anekdot

Paragraf deduktif juga memiliki ciri ciri yang dapat membedakannya dengan jenis paragraf lainnya. Paragraf ialah suatu bagian dari karangan yang didalamnya terdapat satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Yang membedakan paragraf deduktif dengan paragraf lainnya ialah letak kalimat utamanya. Untuk paragraf deduktif memiliki kalimat utama yang terletak di bagian awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat penjelas. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan penjelasannya – Dalam paragraf deduktif terdapat format khusus yang berupa umum menuju khusus. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengetahui kalimat utama dalam paragraf deduktif. Ciri utama dalam paragraf ini ialah letak kalimat utamanya di awal paragraf dan memiliki format berupa umum kemudian diikuti dengan penjelasannya. Untuk lebih memahami tentang paragraf tersebut maka dapat anda simak pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif dibawah ini.

7 contoh paragraf deduktif singkat dan penjelasannya

Pengertian Paragraf Deduktif

7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya- Paragraf adalah salah satu bagian yang didalamnya terdapat kalimat utama dan kalimat pendukung atau penjelas. Paragraf tersebut dikatakan deduktif atau induktif tergantung letak kalimat utamanya (gagasan pokok). Untuk paragraf deduktif memiliki letak kalimat utama di bagian awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat penjelas. Agar lebih memahami mengenai paragraf deduktif, admin akan sajikan beberapa contoh paragraf deduktif berikut dibawah ini.

Contoh Paragraf Deduktif

Agar lebih memahami apa itu paragraf deduktif, berikut saya berikan beberapa contoh paragraf deduktif di bawah ini .  Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Teknologi

Smartphone memiliki kegunaan penting dalam kehidupan manusia sehari hari. Alat komunikasi tersebut memiliki kecanggihan yang efisien dan ekeftif. Jaman dahulu manusia melakukan komunikasi melalui surat menyurat. Surat tersebut harus dikirimkan oleh pos dalam waktu yang lama, namun sekarang telah ditemukan handphone yang dapat melakukan komunikasi dengan waktu cepat dan dapat menempuh jarak yang jauh. Dulunya hanya berguna sebagai komunikasi, sekarang telah memiliki kegunaan yang banyak seperti memudahkan pekerjaan manusia. Didalamnya terdapat tambahan fungsi fitur seperti GPS, aplikasi, kamera, penyimpanan foto, memo, kalkulator dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai fitur tadi disajikan dalam bentuk sebuah handphome dengan beberapa kemudahan dalam urusan manusia, misalnya anda tersesat, anda cukup membuka handphone dan melihat jalan keluarnya.

Contoh paragraf deduktif diatas dapat kita uraikan menjadi beberapa pola pengembangan paragraf deduktif. Berikut penjelasannya:
• Smartphone memiliki kegunaan penting… (Termasuk gagasan utama 1/umum)
• Alat komunikasi tersebut memiliki… (Termasuk pendukung utama 1/khusus )
• Jaman dahulu manusia melakukan… (Termasuk tambahan utama 1/khusus)
• Surat tersebut harus… (Lanjutan tambahan utama 1/khusus)
• Dulunya hanya berguna sebagai komunikasi… (Termasuk pendukung utama 2/khusus)
• Didalamnya terdapat tambahan fungsi… (Termasuk pendukung tambahan 2,1/khusus)
• Dengan berbagai fitur tadi… (Termasuk pendukung tambahan 2.2/ khusus)
Catatan:
Gagasan utama dalam contoh paragraf deduktif diatas merupakan topik yang akan dibahas. Pendukung utama merupakan sebuah kalimat penjelas dari gagasan utama. Pendukung tambahan merupakan sebuah kalimat penjelas selanjutnya dari gagasan penjelas atau pendukung.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Lalu Lintas

Peraturan lalu lintas harus dipatuhi dengan sebaik-baiknya. Peratuaran dibuat bukan untuk mempersulit pengendara ketika mengemudikan kendaraannya di jalanan. Akan tetapi, peraturan dibuat untuk ketertiban dan keamanan pengendara. Sayangnya, akibat tidak mematuhi peraturan lalu lintas, banyak terjadi kecelakaan. Sebagai contoh adalah banyaknya kendaraan bermotor menerobos palang kereta api. Sudah banyak kecelakaan akibat pelanggaran lalu lintas ini. Padahal, menunggu beberapa menit sampai kereta api lewat adalah hal yang patut diutamakan demi keselamatan bersama. Selain keselamatan di jalan, kelengkapan surat berkendara harus diperhatikan, seperti SIM dan STNK. Dengan demikian, akan tercipta suasana jalan raya yang tertib dan aman

 

Baca juga : 101 Contoh Majas Personifikasi beserta Pengertian dan Penjelasan

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Pendidikan

Pendidikan karakter di kelas sangat penting. setiap guru wajib menasihati anak didiknya apabila mereka melakukan hal yg salah. dengan pembekalan pendidikan karakterlah anak2 bisa merubah sedikit demi sedikit pola fikirnya. Harapannya, agar mereka bisa menjadi individu yang bermental sehat dan taat terhadap aturan2 yang ada disekitarnya.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Lingkungan

7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya- Membuang sampah sembarangan berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar. Dengan membuang sampah sembarangan, lama-kelamaan akan menyebabkan penumpukan sampah dan menyebabkan gorong-gorong dan bendungan sungai terhambat. Alhasil, air sungai atau air yang melewati aliran itu meluap dan terjadilah genangan bahkan banjir. Sampah yang dibuang secara tidak tepat juga akan mengakibakan berbagai penyakit. Hal itu disebabkan oleh sampah yang dibuang sembarangan akan menumpuk dan mengalami pembusukan dalam waktu yang tidak begitu lama. Pembusukan itu akan mengundang lalat dan banyaknya penyakit yang akan ditimbulkan dari bau dan lalat itu sendiri. Bau yang dihasilkan dari pembusukan juga akan mengakibatkan polusi udaha, gangguan pernapasan, dan dapat juga mengakibatkan gatal-gatal. Selain itu, membuang sampah sembaranga di berbagai tempat juga akan mengakibatkan tempat itu menjadi terlihat kotor dan tidak nyaman. Dengan demikian, kita dilarang membuang sampah sembarangan agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Kesehatan

Kesehatan memang sangat penting bagi manusia bagaimana tidak bila seseorang tidak sehat maka dia tidak dapat melakukan segala hal yang mereka inginkan maka dari itu kesehatan adalah hal yang paling utama dalam hidup kita percuma kalo kita ingin melakukan sesuatu seperti bekerja jika tubuh tidak sehat maka sia-sia saja karena itu kita harus hidup sehat karena dengan menjaga kesehatan bisa membuatmu melakukan segala aktivitas yang kamu inginkan. Dengan menjaga kesehatan kamu bisa beraktivitas kembali seperti bekerja,berkumpul bersama keluarga sehingga orang terdekat merasa bahagia. Jadi jagalah kesehatan karena kesehatan adalah hal yang paling utama dalam hidup kita.

 

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Sosial Budaya

Indonesia termasuk jenis negara yang majemuk. Di dalamnya terdapat beraneka ragam agama atau kepercayaan serta beraneka ragam suku seperti suku Batak, Madura, Jawa, Ambon dan suku suku lainnya dengan keunikan masing masing.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Sekolah

Ketika siswa duduk dibangku sekolah dasar sudah diterapkan pola fikir yang ilmiah. Bagaimana langkah langkah penerapannya? Misalnya saja, siswa disuruh mencatat/menulis dan melihat beberapa jenis atau jumlah tanaman bonsai disekitar area sekolah.

Saat siswa sudah masuk ke bangku SMP. mereka diajak untuk meneliti serta membuat eksperiman dalam skala kecil dan lebih sederhana. Tetapi setelah masuk ke SMA, pembelajaran untuk berfikir ilmiah ditunjukkan dalam pelatihan yang dikembangkan dan lebih bervariasi. Hal tersebut bertujuan agar memiliki pola fikir ilmiah dan siswa tersebut tidak harus menunggu untuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi.

Demikian penjelasan mengenai 7 Contoh Paragraf Deduktif Singkat dan Penjelasannya. Semoga Artikel Belajar ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Add a Comment