Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri – Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui perjuangan yang sangat panjang yang dilakukan oleh para pejuang dan seluruh rakyat Indonesia. Mereka dengan sangat rela mengorbankan harta benda, bahkan nyawa sekalipun demi mencapai kemerdekaan negara Indonesia. Keutuhan NKRI sangat penting demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Jika kita mengingat sejarah para pahlawan yang berjuang keras mencapai kemerdekaan, maka kita akan menyadari bahwa perjuangan mereka akan sia-sia jika kita tidak mampu menjaga keutuhan NKRI.

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri

Indonesia terletak diantara dua samudera dan dua benua, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta Benua Asia dan Benua Australia. Letak yang sangat strategis ini tentunya sangat menguntungkan bangsa kita, karena kita bisa berhubungan dengan negara lain sehingga dalam aspek ekonomi bisa mengalami peningkatan. Apalagi hal ini ditunjang dengan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia sehingga mampu menarik wisatawan dari luar negeri.

Akan tetapi, di sisi lain keunggulan-keunggulan tersebut juga bisa mengancam keutuhan bangsa kita. Misalnya, kekayaan alam yang tidak terpelihara dengan baik akan mengundang negara lain untuk menguasainya. Masuknya budaya asing juga bisa merusak kebudayaan asli bangsa Indonesia. Keragaman yang ada juga bisa mengakibatkan perpecahan jika salah satu pihak bersikap lebih membangga-banggakan suku atau golongan atau agama sendiri, serta merendahkan suku atau agama lain.

Artikel Terkait : Pengertian, Pentingnya, dan Implementasi Strategi Nasional Bangsa Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus mempertahankan martabat dan keutuhan bangsa. Terlebih lagi bagi kita sebagai generasi muda harus mampu menjaga keutuhan negara untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini.

Tanpa adanya tekad dari bangsa untuk mempertahankan keutuhan wilyayah Indonesia, maka akan banyak gangguan dan ancaman yang datang.

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri. Gangguan terhadap keutuhan negara Indonesia dapat datang dari luar ataupun dari dalam negeri sendiri, antara lain sebagai berikut.

1. Gangguan dari Luar Negeri

Berupa gangguan wilayah Indonesia, pencurian kekayaan alam, penyelundupan barang, atau masuknya pesawat asing ke wilayah Indonesia tanpa izin.

2. Gangguan dari Dalam Negeri

Berupa gerakan separatis, kerusuhan, atau pertikaian antarkelompok yang memerlukan penanganan dari pihak berwajib.

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri. Adapun yang dimaksud dengan ancaman adalah setiap upaya/kegiatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai mengancam/membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Berbagai ancaman yang ada dapat dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu ancaman dari dalam negeri dan dari luar negeri.

1. Ancaman dari Dalam Negeri

Contoh ancaman yang berasal dari negara kita yang dapat menimbulkan perpecahan antara lain sebagai berikut

  1. Perilaku yang melanggar norma hukum maupun norma agama.
  2. Perselisihan antaretnis.
  3. Peristiwa kerusuhan
  4. Separatisme (kegiatan untuk memisahkan diri dari NKRI)

2. Ancaman dari Luar Negeri

a. Bidang politik, antara lain sebagai berikut.

  1. Ikut campurnya negara lain dalam masalah yang timbul di Indonesia
  2. Adanya tindakan yang dilakukan oleh negara lain untuk menguasai wilayah Indonesia.

b. Bidang ekonomi, antara lain kekayaan alam Indonesia yang dikuasai oleh negara lain secara tidak bertanggungjawab sehingga menyengsarakan rakyat Indonesia.
c. Bidang sosial budaya, antara lain masuknya budaya asing yang negatif dan tidak sesuai dengan kerpibadian masyarakat Indonesia.

Artikel terkait : Upaya Bangsa Indonesia dalam Membangun Integrasi Nasional

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri.  Setelah Anda mengetahui berbagai gangguan dan ancaman terhadap keutuhan bangsa dan integrasi nasional, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mewaspadai ancaman terhadap keutuhan bangsa dan integrasi nasional? Berikut beberapa sikap yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia untuk melindungi keutuhan NKRI.

  1. Mengembangkan rasa bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia.
  2. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Memajukan pergaaulan demi persatuan, kesatuan, kepentingan, serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Meningkatkan kesadaran rakyat akan pentingnya menjaga keutuhan wilayah negara.
  5. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
  6. Menghindari segala bentuk adu domba yang menjurus kepada perpecahan bangsa.

Ancaman terhadap Integrasi Nasional dari Dalam dan Luar Negeri. Sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa harus dikembangkan. Dengan demikian, keutuhan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara. Sikap yang perlu dikembangkan sebagai generasi muda agar bisa menghormati suku bangsa lain antara lain sebagai berikut.

  1. Menerima bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan daerah masing-masing.
  2. Menghargai dan menghormati suku dan kebudayaan daerah lain.
  3. Menyadari bahwa kebudayaan daerah merupakan akar kebudayaan nasional serta kebudayaan nasional sebagai puncak dari kebudayaan daerah.
  4. Menyadari bahwa kebudayaan daerah dapat memperkaya kabudayaan nasional dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Add a Comment