5 Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

5 Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap- Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Kalau gagasan yang disampaikan sudah tepat, pendengar/pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis atau pembicaranya. Akan tetapi, kadang-kadang harapan itu tidak tercapai.

Kalimat efektif dalam bentuk tulisan memiliki tujuan yaitu agar karya yang disampaikan dalam bentuk tulisan dapat dengan mudah dipahami maupun dimengerti oleh pembaca.

Sebuah kalimat efektif mempunyai ciri-ciri khas, yaitu kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.

Baca juga : Kalimat Efektif Lengkap – Pengertian, Ciri-Ciri, Syarat, dan Contoh

5 Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

5 Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Kalimat efektif ialah sebuah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan gagasan pengarang dengan tepat agar mudah dipahami oleh pembaca ataupun pendengar. Apabila pengarang dapat menyampaikan gagasannya dengan tepat maka pembaca maupun pendengarnya dapat lebih mudah, lengkap dan jelas dalam memahami maksud dan pikiran dari hasil karyanya. Namun harapan seperti itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itu diperlukan contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan. Misalnya terdapat seseorang yang tidak memahami maksud dan tujuan dari hasil pengucapan maupun penulisan sesuatu hal. Agar seseorang tersebut dapat memahaminya maka diperlukan unsur unsur kalimat yang harus ada. Namun unsur unsur kalimat yang tidak diperlukan harus dihilangkan.

Kalimat efektif memiliki beberapa ciri khas seperti keparalelan bentuk, kehematan kata, kepaduan gagasan, kesepadanan struktur, ketegasan makna, kelogisan bahasa dan kecermatan penalaran. Untuk lebih memahami tentang kalimat efektif ini dapat anda simak contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan.

A. Kalimat Efektif Kelogisan

Yang dimaksud dengan kelogisan ialah bahwa ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku. Kalimat efektif dalam kelogisan harus mudah untuk dipahami dan dimengerti. Maka dari itu diperlukan unsur unsur kalimat yang yang bersifat masuk akal atau logis. Berikut contoh kalimat efektif kelogisan :

Kepada Pak Lurah, waktu dan tempat kami persilakan. (Tidak efektif)

Kalimat ini memiliki sifat yang tidak masuk akal maupun logis karena tempat dan waktu termasuk benda mati yang tidak bisa dipersilakan. Maka dari itu kalimatnya harus diubah menjadi

Kepada Pak Lurah, kami persilakan untuk menyampaikan pidatonya. (Efektif)

  • Untuk mempersingkat waktu, mari langsung kita mulai acara ini. (Tidak efektif)
  • Untuk menghemat waktu, mari kita mulai acara ini. (Efektif)

Adapula contoh kalimat efektif kelogisan yang lain yaitu :

  • Untuk mempercepat waktu, mari langsung saja kita selesaikan acara ini. (Kalimat tidak efektif)
  • Untuk menghemat waktu, langsung saja kita mulai acara ini. (Kalimat efektif)
  • Kepada Ketua RW, waktu dan tempat kami persilakan. (Kalimat tidak efektif)
  • Kepada Ketua RW, kami persilakan untuk menyampaikan pidato. (Kalimat efektif)

B. Kalimat Efektif Kesepadanan

Kalimat efektif kesepadanan adalah kalimat yang berisi gagasan pengarang untuk disampaikan kepada pembaca atau pendengar dengan menggunakan struktur bahasa dan kesatuan gagasan yang seimbang. Yang dimaksud dengan kesepadanan adalah keseimbangan antara pikiran (gagasan) dan struktur bahasa yang dipakai. Kesepadanan kalimat ini diperlihatkan oleh adanya kesatuan gagasan yang kompak dan padu. Kesepadanan dalam kalimat dapat diwujudkan dengan adanya unsur-unsur kalimat yang harus ada seperti subjek dan predikat dan dapat berfungsi dengan baik.. Kalimat efektif kesepadanan memiliki beberapa ciri yaitu :

Dalam kalimatnya memiliki subjek dan predikat yang jelas. Apabila subjek dan predikatnya tidak memiliki kejelasan maka akan mengakibatkan kalimat tidak efektif.

Menghindari penggunaan kata depan di, pada, dalam, sebagai, bagi, untuk, mengenai, menurut, tentang dan lain lain agar subjek dan predikatnya jelas.

Berikut contoh kalimat efektif kesepadanan :

Bagi semua siswa kelas X harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat tidak efektif)

Semua siswa kelas X harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat efektif)

Contoh kalimat efektif kesepadanan dengan subjek tunggal :

1. Penyusunan skripsi itu saya dibantu oleh para sahabat. (Kalimat tidak efektif)

2. Dalam menyusun skripsi itu, saya dibantuk oleh para sahabat. (Kalimat efektif)

1. Pelajaran itu saya kurang paham. (Kalimat tidak efektif)

2. Pelajaran itu bagi saya kurang paham. (Kalimat efektif)

Adapula contoh kalimat efektif kesepadanan yang lain yaitu :

1. Ibu ke pasar minggu depan. (Kalimat tidak efektif)

2. Ibu pergi ke pasar minggu depan. (Kalimat efektif)

1. Ani meminum siang ini. (Kalimat tidak efektif)

2. Ani meminum jus durian siang ini. (Kalimat efektif)

1.  Aku melihat Rika juga melihat Tina di mall. (Kalimat tidak efektif)

2. Aku dan Rika melihat Tina di mall. (Kalimat efektif)

Baca juga : Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks

Demikianlah contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan yang dapat kita sampaikan. Ubahlah kalimat yang anda sampaikan menjadi lebih efektif agar mudah untuk dipahami. Semoga artikel belajar ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

No Responses

Add a Comment