Peran Manusia, Ruang, dan Waktu dalam Sejarah

Manusia, Ruang, dan Waktu merupakan 3 unsur penting dalam kajian ilmu sejarah manusia sebagai makhluk berakal budi, berperasaan, dan bersifat religius adalah pelaku sejarah. Ruang adalah tempat menjadi konteks bagi berlangsungnya suatu peristiwa sejarah.

  1. Manusia

Dalam peristiwa sejarah manusia memiliki peran yang penting. Manusia merupakan aktor utama yang sangat menentukan suatu peristiwa sejarah. Dalam mempelajari sejarah kita mempelajari sejarah manusia, bukan sejarah alam, atau hewan. Manusia sebagai aktor sejarah yang memiliki kemampuan berpikir merupakan cikal bakal munculnya ide ide kreatif. Sejarah dan manusia tidak dapat dipisahkan karena keduanya terus berkembang secara beringin mulai dari kehidupan manusia yang paling sederhana sampai pada tingkat modern, bahkan pada tingkatan yang lebih maju.

2. Ruang

Ruang atau tenpat merupakan unsur penting yang harus ada dalam sejarah. Apabila dibaratkan dengan sebuah pertunjukan, ruang merupakan panggung ketika peristiwa sejarah berlangsung. Ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah terkait dengan unsur geografis.

3. Waktu

Unsur waktu dalam sejarah merupakan unsur yang penting, karena mempelajari sejarah bukan mempelajari sesuatu yang tertarik melainkan mempelajari sesuatu yang terus bergerak seiring dengan perjalanan. di dalam waktu terjadi 4 hal yaitu:

A. Perkembangan

Perkembangan itu berproses dari bentuk sederhana kebentuk yang lebih kompleks, tapi bukan karena pengaruh dari luar.

B. Kesinambungan

Adanya kesinambungan bila suatu masyarakat hanya mengadopsi lembaga lembaga yang sudah pernah ada.

C. Pengulangan

Pengulangan terjadi, berperistiwa yang sudah pernah terjadi pada masa lalu, kembali terjadi.

D. Perubahan

Perubahan terjadi, bila terjadi pergeseran yang hampir sama dengan perkembangan.

Baca Juga : https://www.ayokbelajar.com/masuknya-islam-ke-indonesia/

Add a Comment