Teks Deskripsi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah, dan Contohnya

Teks Deskripsi : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah, dan Contohnya – Halo sobat Artikel Belajar, gimana kabar kalian semua? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai Teks Deskripsi. Jika kamu pernah menemukan sebuah teks yang menjelaskan informasi lengkap yang terkait dengan topik yang dibahas di teks tersebut, kemungkinan besar itu adalah teks deskripsi. Karena ciri-ciri dari teks ini sangat menonjol.

Teks Deskripsi Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah, dan Contohnya

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah teks yang gagasan utamanya di sampaikan kepada pembaca melalui cara mendeskripsikan dan menggambarkan suatu objek peristiwa secara jelas seolah olah dapat merasakan apa yang penulis ungkapkan.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara rinci, konkret dan subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri yang dimiliki teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya.

Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
  5. Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat. Contoh kucingku yang nakal, ibuku yang baik hati.

Struktur Teks Deskripsi

Adapun 3 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. 3 struktur tersebut yaitu:

1. Identifikasi

Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.

2. Klasifikasi

Penyusunan ber-sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan.

3. Deskripsi bagian

Bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi sendiri dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Paragraf deskripsi spatial: paragraf yang isi topiknya berupa ruanga atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat  jelas kepada pembacanya.
  2. Paragraf deskripsi objektif: paragraf ini menggambarkan suatu objek sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis
  3. Paragraf deskripsi subjektif: paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulisnya iru sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

  1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
  2. Membuat judul yang berisi subjek yang akan dideskripsikan dengan tanggapan pribadi penulis.
  3. Membuat kerangka bagian-bagian yang akan dideskripsikan.
  4. Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  5. Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  6. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan topik.

Ciri/Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:

  • Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
  • Teks deskripsi menggunakan frase yang mengandung kata benda. Misalnya, beliau adalah seorang kepala sekolah baik hati dan sopan, dsb.
  • Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua sepatu futsal, dll.
  • Mengandung kata kerja Transitif untuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru, dll.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah gajah cerdas, saya yakin buku itu mahal, dll.
  • Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, dll.
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra, dll.

Contoh-contoh telaahannya
1. Rafa sangat gemar mengoleksi batu akik. Ia memiliki berbagai macam jenis batu akik, namun ia menyukai satu diantaranya yang memiliki warna merah menyala seperti api. Batu akik ini akan menyilaukan mata ketika terkena sinar matahari. Tidak hanya itu batu akik ini juga sangat unik karena dapat menyala dalam kondisi ruangan yang gelap sekalipun. Bentuknya yang bulat dan terlihat Nampak mewah dan elegan membuat Rafa sangat mengagumi keindahan batu akik yang satu ini.Contoh Teks Deskripsi

Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Contoh 1:

Aku punya kucing bernama Tara. Bulunya berwarna hitam dan putih, dengan putih sebagai warna dominan. Tara mempunyai ekor panjang dan sangat lucu. Tara suka sekali memakan ikan dengan nasi. Saat Tara lapar, dia akan mengeong meminta makan.

Contoh 2:

Contoh teks deskripsi yaitu:
Pulau Komodo yang terletak di dekat pulau Flores Nusa Tenggara Timur menjadi perhatian dunia karena disana terdapat hewan langka Komodo. Pulau ini bisa dikunjungi kurang lebih 1-2 jam dari pelabuhan terdekat. Populasi komodo di pulau ini mencapai 1300 ekor(pada tahun 2009) ini sudah lebih dari cukup untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing. Pulau yang luasnya 390 km2ini telah diumumka sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Contoh singkat deskripsi dalam bahasa inggris

I had a hamster named Rio. His fur is brown and white, with brown as predominant color. Rio really like to play a round and a lot of drinking. Rio loves to eat kuwaci. When Rio was hungry, he will usually silent.

Demikian pembahasan yang dapat kita bagikan pada Artikel Belajar kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Baca juga : Teks Cerita Sejarah : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

No Responses

Add a Comment